Cara Buat Situs eu.org Gratis Tuk Organisasi & Komunitas

 

domain eu.org gratis selamanya
Sumber: Freepik

Artikel Cara Buat Situs eu.org Gratis Tuk Organisasi & Komunitas ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin membangun website khusus untuk organisasi, lembaga, atau komunitas yang membutuhkan situs sebagai sumber informasi resmi.


Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, era revolusi industri 4.0 ditambah dampak Covid-19, memaksa banyak organisasi / komunitas untuk mendigitalisasi berbagai kegiatannya. 


Kebutuhan suatu kelompok akan media sumber informasi, terkadang tidak hanya cukup dengan sosial media berupa Facebook, Instagram, ataupun Twitter, melainkan juga dengan bentuk sistem sumber informasi satu pintu yang lebih komperhensif seperti situs / website. 


Sayangnya, seringkali kebutuhan suatu organisasi akan situs website berdomain resmi tak selamanya sejalan dengan budget kelompok, lantaran mahalnya domain dot COM atau dot ORG pertahunnya.


Kamu bisa saja hanya menggunakan platform populer seperti blogger ataupun wordpress, tapi tentu saja sekali lagi, itu akan membuat situs organisasi terkesan tidak profesional & resmi karena panjang urlnya yang harus berekor (.blogspot.com) atau (.wordpress.com).


Bagi kamu yang ingin membuat situs / website  berbasis web 1.0 untuk organisasi ataupun komunitasmu, tapi dengan budget yang sedikit, kami menyarankan untuk mencoba domain dot EU.ORG yang dapat digunakan gratis dan tanpa batasan waktu. Adapun bentuk urlnya nanti akan berwujud seperti, contoh: (http://www.nama-organisasi.eu.org).  


Nah, tanpa berlama-lama lagi berikut penjelasan dan tutorialnya.



Selayang Pandang Mengenai Domain EU.ORG


Membuat domain eu.org gratis selamanya untuk organisasi dan komunitas
Halaman utama penyedia hosting gratis; situs nic.eu.org

Bila melihat halaman pertama situs penyedia domain eu.org secara gratis ini, maka kamu akan dihadapkan pada tampilan web 1.0 polos berformat .HTML tanpa penggunaan CSS & Javascript sama sekali. 

Merupakan subdomain dari domain utamanya yaitu dot org (.org), EU.ORG mulai digratiskan sejak tahun 1996, dengan tujuan untuk menyediakan domain kepada pengguna atau organisasi nirlaba yang kurang mampu dalam membayar domain sekelas dot com ataupun dot org.

Ada yang menarik dari halaman penyedia platform EU.ORG ini. Di berandanya, terdapat sebuah kampanye untuk menandatangani petisi menentang penjualan registeri .ORG demi kepentingan profit pribadi. Sangat militan betul bukan?

Sebenarnya, domain .EU.ORG ini bukan cuman diperuntunkan untuk kelompok atau organisasi, melainkan juga individu. Meski demikian, para tim penyedia domain eu.org ini tidak akan membiarkan penyalahgunaan domain untuk hal-hal yang dianggap tidak patut.

Salah satu yang menjadi daya tarik dari layanan ini adalah, meski domainnya disediakan secara gratis dan aktif selamanya, pihak pengembang sangatlah serius dalam menjaga nama baik domain eu.org. Sehingga, mereka tidak bakal asal beri begitu saja.

Validasi identitas yang ketat oleh pihak tim EU.ORG akan dilakukan agar domainnya terhindar dari para pelaku phising, spam blackhat SEO, situs penipuan, judi, pornografi, pelanggaran hak cipta, ataupun hal-hal yang melanggar aturan standar internet.


Syarat & Ketentuan Membuat Domain EU.ORG

Lumayan panjang juga kalau kita membahas syarat dan ketentuan penyedia layanan doman ini. Akan tetapi, ada 3 hal yang sebaiknya harus kamu hindari jika tidak ingin domainmu dimatikan secara sepihak. Berikut adalah larangannya:

Untuk Tujuan Komersil
Pada mulanya, ada sedikit kebingungan dalam menafsirkan larangan ini. Mengingat ada banyak dari kawan-kawan blogger lain yang juga menggunakan domain eu.org ini untuk mendapatkan penghasilan adsense.

Dari hasil sumber yang kami kumpulkan, ada dua kemungkinan dari makna larangan tersebut. (1) Tujuan komersil yang dimaksudkan adalah seperti digunakan untuk situs bisnis atau mungkin juga adsense. Kemungkinan ke (2) adalah domain ini dilarang untuk diperjual belikan.

Well, apapun larangannya, sebaiknya hindari kemungkinan tersebut jika tidak ingin domain eu.org -mu nantinya dicabut.


Pelanggaran Aturan Standar Internet
Ketika telah memiliki domain ini, kamu harus mematuhi segala standar internet yang telah ditetapkan oleh RFC ( Request For Comment ). Sebaiknya, perhatikan apakah nama domain yang kamu daftarkan tidak menyangkut nama merek tertentu, apalagi jika mereka itu telah memiliki hak cipta.

Contoh, seandainya kamu membuat domain dengan nama coca-cola.eu.org. Bisa dibayangkan seandainya perusahaan Coca-cola menuntutmu karena melanggar hak cipta mereka.


Terlibat Dengan Aktivitas Spam/Phising
Ini biasanya dipraktekan oleh para pelaku Blackhat SEO, demi meningkatkan backlink ke situs utama mereka. Atau, menjadikan domain untuk situs penyebar malware oleh para hacker.

Pihak tim EU.ORG tentu saja sangat tidak mentolerir dengan aktivitas seperti ini. Sebab mereka tidak ingin domain mereka diperlakukan seperti sampah begitu saja. 



Bagaimana Cara Membuat Website Berdomain EU.ORG Gratis & Selamanya?

Salah satu kekurangan dari eu.org adalah mereka tidak menyediakan hosting name server untuk domain yang akan kita buat. Meski demikian, kamu tidak perlu bersusah payah menyewa layanan hosting berbayar seperti Niagahoster atau Hostinger. Sebab, kami telah menyediakan alternatif 100% gratis perihal akses otoritatif  pihak ketiganya. Cukup ikuti langkah di bawah ini:

Syarat yang dibutuhkan sebelum membuat domain EU.ORG:

  1. Email aktif
    Pastikan kamu memiliki email yang bisa digunakan untuk mendaftar di Hostry, serta di situs layanan eu.org. Penggunaan email ini sangat penting, karena selain digunakan untuk verifikasi akun, dalam prosesnya nanti, kita akan mengirimkan sebuah email kepada admin penyedia layanan eu.org untuk mengaktifkan domain kita.

  2. Blog dari platfrom Blogger (blogspot.com)
    Mengapa blogger? Karena sejauh ini, bloggerlah penyedia layanan CMS (Content Management System) gratisan terbaik. Selain itu, tidak adanya batasan hosting & trafik tapi tetap berjalan stabil, serta fleksibilitasnya dalam hal personifikasi, menjadikan platform ini sangat serasi dipasangkan dengan domain eu.org kita.
Catatan: Pastikan selama registrasi, kamu mengisi semua informasi di datamu dengan baik & benar. Jangan pernah mengisi biodata secara asal-asalan. Kecuali jika kamu tidak ingin permohonan domainmu diterima!

Langkah Pertama: Membuat Wadah / Hosting Domain Name Server (DNS)

  1. Masuk ke situs Hostry.com, daftar dan buatlah sebuah akun yang telah terverifikasi email.

    Domain eu.org gratis selamanya

  2. Klik Service > Free Dns.
    Masukkan nama domain yang ingin kamu buat di kolom yang disediakan. Pastikan domain yang ingin kamu gunakan memang benar masih tersedia. Caranya cukup cari di kolom pencarian url. Bila tidak ada halaman yang muncul, maka kemungkinan besar nama domainmu itu masih belum dicomot orang. ( Contoh: zhoppenk.eu.org)

    domain eu.org gratis selamanya



  3. Klik Create. Hosting DNS name server telah siap digunakan.






Langkah Kedua: Membuat domain EU.ORG

Masuk ke situs nic.eu.org, lalu daftar untuk membuat akun.

domain eu org gratis selamanya


Login dengan username yang telah eu.org kirimkan ke email.

domain eu.org gratis selamanya


Klik New Domain, lalu masukkan nama domain sesuai dengan yang diinginkan. Dengan akhiran eu.org tentunya! Serta, jangan lupa isi kolom biodata!

domain eu.org gratis selamanya


Masukkan daftar name server. Sesuaikan saja dengan gambar di bawah!

ns1.hostry.com
ns2.hostry.com
ns3.hostry.com
ns4.hostry.com



Request domain telah terkirim. Yang Kamu lakukan selanjutnya adalah menunggu validasi dari pihak EU.ORG team. Proses ini biasanya memakan waktu seminggu bahkan sampai tiga bulan, tergantung dari banyaknya permintaan yang datang kepada mereka.

tips membuat situs domain eu org gratis selamanya


Untuk mempercepat proses validasi, coba buat request domain ke email admin situs eu.org (hosmaster@eu.org). Kirimkan email dengan subject berupa; Approve my domain "nama-domain.eu.org", serta beberapa pesan pendek yang berisi permintaan domain.

cara membuat domain eu.org gratis selamanya
Contoh email request domain kepada tim eu.org.



Langkah Ketiga: Menyambungkan domain EU.ORG ke custom domain Blogspot

Pastikan pengajuan domainmu sudah diterima oleh tim eu.org. Kamu bisa melihatnya jika telah mendapat email masuk seperti di bawah:


cara mendapatkan domain eu.org


Bila domainmu sudah diterima. Buka akun Blogger > Setelan > Klik Domain Custom. Isikan dengan domain yang telah kamu buat sebelumnya lalu Simpan.


cara mendapatkan domain eu.org


Kamu akan diberikan 2 script code verifikasi domain di blogspotmu. Copy kode tersebut.
Contoh:
  • Untuk kode pertama : (Type : CNAME) ( Name : www) ( Target :ghs.google.com)
  • Untuk kode kedua : (Type : CNAME) (Name : mwvl4ap2vevr) (Target : gv-bt54zdm5d63fnq.dv.googlehosted.com
Catatan: Untuk kode CNAME kedua disesuiakan dengan yang tertera di blogmu.


Langkah selanjutnya, buka kembali akun Hostrymu. Lalu klik menu "Order". Kamu akan menemukan konfigurasi DNS mu. Klik DNS tersebut.

cara mendapatkan domain eu.org


Masukkan kedua kode CNAME blogmu ke kolom yang telah tersedia.

cara mendapatkan domain eu.org


Masukkan juga empat kode DNS Blogger di bawah :

  • Type : A) ( Name : nama-situs.eu.org) ( Target : 216.239.32.21) 
  • (Type : A) ( Name : nama-situs.eu.org) ( Target : 216.239.34.21)
  • (Type : A) ( Name : nama-situs.eu.org) ( Target : 216.239.36.21)
  • (Type : A) ( Name : nama-situs.eu.org) ( Target : 216.239.38.21)


Terakhir, masukkan kembali domain eu.org mu di setelan blogger. Jika sudah klik Enter.

cara mendapatkan domain eu.org


Voilà! Situs berdomain EU.ORG telah jadi. Maksimalkan tampilan dan kinerja situsmu dengan berbagai fitur menarik yang disediakan blogger. Bila perlu, gunakan template blogger khusus agar bisa membuat situsnya lebih keren lagi! 


Mengapa Organisasi, Komunitas, Atau Lembagamu Butuh Website?

Menurut Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah masyarakat Indonesia yang menggunakan internet telah mencapai 196.7 juta atau setara dengan 73.3 persen dari total populasi. Angka tersebut tentunya akan terus bertambah, mengingat semakin masifnya penggunaan internet sebagai media meeting & belajar pada masa pandemi.


Pentingnya membangun sebuah website profil untuk organisasi atau komunitas, barang tentu harus dipertimbangkan, terlebih jika organisasi / komunitas tersebut sering melakukan kegiatan yang bersentuhan dengan publik.


Dengan adanya situs / website, sebuah organsisasi dapat semakin meningkatkan kredibilitasnya di mata umum, lantaran terciptanya sebuah transparansi informasi yang bisa dengan mudah diakses oleh publik.


Selain itu, situs / website juga bisa menjadi wadah pengarsipan fleksibel baik berupa pengumuman, kampanye, dokumen, foto, video, file, dan berbagai dokumentasi kegiatan organisasi yang, dapat dikemas dengan tampilan website menarik serupa mading ataupun show room.



***


Demikian saja barangkali artikel cara membuat situs berdomain EU.ORG gratis untuk organisasi & komunitas ini. Bila kamu ada yang ingin ditanyakan, atau ingin memberi masukan, sila di kolom komentar yah!



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Gaya Hidup,Internet